Buku Panduan Lengkap Cara Cepat Hamil Gratis situs Berisi Buku Panduan Lengkap Cara Cepat Hamil CARA CEPAT HAMIL cara mudah cepat hamil TEORI CEPAT HAMIL agar cepat hamil setelah keguguran PANDUAN CEPAT HAMIL

Selasa, 19 Juli 2016

Resiko Program Bayi Tabung



Segala hal yang di usahakan oleh manusia secara tidak alami memang memiliki resiko. Begitu juga dengan program bayi tabung.

Meski semakin banyak pasangan yang memiliki masalah kesuburan atau susah punya anak memanfaatkan metode bayi tabung dengan tingkat keberhasilan tinggi, hal ini bukan berarti tanpa resiko.

Program bayi tabung merupakan suatu teknik reproduksi rekayasa atau  berbantu dengan cara mempertemukan sel telur istri dengan sperma suami di luar tubuh atau melalui media cair. Karena terjadinya tidak alami, resiko program bayi tabung tentunya beragam.

Perlu diketahui bahwa proses bayi tabung bukanlah proses yang mudah, baik itu dari sisi medis maupun psikis pasangan. Sebelum memulai program bayi tabung, pasangan dituntut kesiapannya, dari segi mental dan biaya. Hal ini dikarenakan peluang untuk mendapatkan kehamilan ddengan proses bayi tabung dipengaruhi oleh banyak faktor, sperti usia wanita, lamanya gangguan kesuburan, cadangan sel telur, riwayat kehamilan, dan juga tenaga medis dan peralatan yang digunakan.

Selain peluang kehamilan, ada beberapa risiko yang bisa saja terjadi pada pasangan yang sedang mengikuti bayi tabung, apakah itu metode IVF atau In vitro Fertilization, ICSI atau Intra Cytoplasmic Sperm Injection dan IVM atau In vitro Maturation.

Bedasarkan pendapat para ahli, ada beberapa resiko yang harus dipersiaplan oleh pasangan suami istri yang telah menetapkan untuk mengikuti program bayi tabung.

Resiko program bayi tabung yang pertama adalah kemungkinan terjadinya stimulasi terhadap ovarium atau indung telur secara berlebihan. Hal ini dapat menyebabkan terjadinya penumpukan cairan di dalam rongga perut perempuan dan mengakibatkan beberapa keluhan, yaitu rasa mual, kembung, muntah dan  juga tidak nafsu makan.

Lalu bagaimana solusinya ?

cara cepat hamilSolusinya adalah pemantauan yang rutin pada masa stimulasi, sehingga resiko tersebut diharapkan tidak terjadi. Kalaupun tetap terjadi, ada tindakan pengelolaan yang tepat untuk mengatasi keadaan itu.

Resiko yang kedua adalah ketika pengambilan sel telur atau ovum yang dilakukan dengan menggunakan jarum akan menimbulkan resiko infeksi, pendarahan dan juga resiko  jarum mengenai usus, kandung kemuh ataupun pembuluh darah. resiko ini bisa diminimalisir dengan melakukan persiapan yang baik serta penduan teknologi ultrasonografi, agar keadaan tersebut dapat dihindari.

Hal-hal lain yang termasuk dalam resiko program bayi tabung adalah resiko kehamilan di luar kandungan dan resiko keguguran. Akan tetapi resiko-resiko tersebut bisa diatasi melalui pemberian hormon serta pemindahan embrio dengan menggunakan panduan ultrasonografi.

Wanita yang menjalani proses bayi tabung juga beresiko mengalami kejadian bayi kembar lebih dari 2 kali lebih besar. Resiko ini bisa meningkat karena banyak nya embrio yang ditempatkan ke dalam rahim.
Selain itu ini juga akan memberikan resiko persalinan prematur dengan memerlukan perawatan yang lama. Namun anda jangan kwatir, dengan pertimbangan yang matang mengenai usia istri serta pembatasan banyak embrio yang akan dimasukkan ke dalam rahim wanita, resiko tersebut dapat dikurangi.

Faktor resiko yang terakhir adalah mahalnya biaya yang akan dikeluarkan oleh pasangan yang menjalani proses bayi taung. Selain itu pasangan juga beresiko mengalami kelelahan fisik.

Yang paling penting untuk dipersiapkan adalah kesiapan mental pasangan, karena mereka beresiko mengalami stress emosional saat menyikapi antara harapan mereka dan kenyataan atau hasil program apabila tidak sesuai dengan harapan.


Oleh karena itu pasien pun juga diseleksi dan setelah itu diberi penjelasan yang holistik mengenai resiko, peluang  dan prosedur program bayi tabung yang akan mereka jalani. Dengan ini diharapkan pasangan paham dan mau menerima segala resikonya.

0 komentar:

Posting Komentar

GRATIS

cara cepat hamil

Popular Posts

Total Tayangan Halaman