Buku Panduan Lengkap Cara Cepat Hamil Gratis situs Berisi Buku Panduan Lengkap Cara Cepat Hamil CARA CEPAT HAMIL cara mudah cepat hamil TEORI CEPAT HAMIL agar cepat hamil setelah keguguran PANDUAN CEPAT HAMIL

Rabu, 06 Juli 2016

CARA MENGHITUNG MASA SUBUR

CARAMENGHITUNG MASA SUBUR



Bila secara keseluruhan anda dan pasangan sehat secara jasmani (subur) namun ternyata masih belum dikaruniai momongan, maka ada kemungkinan anda berhubungan di saat yang tidak tepat, yaitu bukan di masa subur.

Mengetahui masa subur bukan hanya digunakan sebagai dasar untuk program hamil namun juga untuk mereka yang sedang menunda kehamilan.

Banyak pasangan suami istri yang melakukan KB alami dengan salah satunya yaitu memantau masa subur istri.
Jadi perhitungan masa subur yang baik akan berguna bagi yang ingin menunda kehamilan atau yang ingin menjaga jarak usia antar anak.
Adalah hal yang wajar bila kebanyakan perempuan yang belum menikah namu telah bertahun-tahun mendapatkan haid belum benar-benar memahami apa itu masa subur dan bagaimana cara untuk menentukan masa subur.

Biasanya wanita yang telah bersuami dan sedang berupaya untuk hamil mengerti cara menghitung masa subur karena hal ini sangat dibutuhkan agar kehamilan segera tercapai.


Namun ada kalanya istri tidak memperhatikan masa suburnya, dan akhirnya kehamilan sulit dicapai.
Kehamilan normal terjadi ketika seorang perempuan melakukan hubungan intim dengan pasangannya pada masa subur atau ovulasi. Pada saat itu, sperma pasangannya akan membuahi ovum atau sel telur matang perempuan tersebut. Sel ovum dilepaskan pada saat masa subur.

Masa subur tidak hanya penting bagi wanita yang menginginkan hamil namun juga bagi mereka yang ingin menunda kehamilan.

Bagi yang ingin cepat hamil, masa subur dijadikan patokan kapan melakukan hubungan sanggama karena saat masa subur ovulasi terjadi dan kemungkinan pembuahan/hamil sangat besar. Sementara itu, wanita yang ingin menunda kehamilan, masa subur harus dihindari untuk mencegah terjadinya kehamilan.

Ada beberapa cara untuk mengetahui masa subur yang dapat anda lakukan sendiri di rumah. Anda dapat menggunakan salah satu cara dibawah ini atau mungkin juga dengan mengkombinasikan beberapa cara bersamaan untuk hasil yang lebih baik.

Namun perlu anda ingat, bahwa hasil perhitungan masa subur dengan cara apapun tidak ada yang bisa dianggap 100% pasti. Semua adalah perkiraan semata yang sudah sangat lama diuji dan terbukti cukup akurat.

Kemungkinan anda melakukan kesalahan dalam perhitungan selalu ada dan juga sangat perlu untuk anda sadari bahwa masa subur ini adalah kehendak Tuhan. Kita hanya bisa berusaha untuk memprediksi semampu kita dengan niat yang baik.

Baiklah sekarang akan saya bahas apa-apa saja metode cara menghitung masa subur yang ada dan bagaimana melakukannya:

1.      System Kalender

Untuk anda para ibu, saya sarankan untuk membiasakan diri untuk member tanda pada tanggal haid anda setiap bulan. Tanda ini bisa berupa coretan dikalender atau catatan di kertas kecil atau juga dicatat dalam perangkat berupa laptop atau handphone.

cara cepat hamilIni sebuah saran yang simple namun penting sekali, karena cukup banyak wanita yang tidak bisa mengingat dengan persis kapan waktu haidnya. Mereka hanya mengandalkan ingatan mereka saja.

Seperti yang sudah saya jelaskan dibagian awal bab ini, system kalender ini cukup unik karena selain untuk mengetahui masa subur juga dapat diandalkan sebagai salah satu metode kontrasepsi alamiah.

Siklus haid normal berlangsung antara 21 hingga 35 hari. Sebagai contoh  misalnya hari pertama haid tanggal 5 januari maka haid berikutnya tanggal 1 februari, jadi siklus haid adalah lamanya hari mulai dari tanggal 5 januari hingga tanggal 1 februari, yaitu 27 hari.

Uniknya sangat banyak wanita yang menganggap masa subur adalah hari ke-14. Ini bisa saja keliru karena ovulasi dan masa subur berbeda-beda setiap wanita, tergantung dari panjang dan teratur atau tidaknya siklus haid tiap-tiap individu.

Sebagai pedomannya, hari pertama haid dihitung sebagai hari ke-1 siklus haid, lamanya siklus haid mulai hari ke-1 sampai haid berikutnya.

Untuk siklus haid 28 hari, ovulasi terjadi pada hari ke 14 dan masa subur adalah 2 hingga 3 hari sebelum dan sesudah ovulasi. Jadi masa subur terjadi antara hari ke 11 hingga hari ke 17.

Untuk siklus 35 hari, ovulasi terjadi pada hari ke 21 dan masa subur pada hari ke 18 hingga hari ke 24.

Bila siklus haid pendek, ovulasi juga akan semakin cepat. Misalnya pada siklus haid 21 hari, ovulasi terjadi pada hari ke-7 dan masa subur adalah hari ke 4 hingga ke 10.

Berikut ini anda bisa mempelajari tabel masa subur berikut ini:

  
Siklus haid                                     ovulasi                         Perkiraan Masa subur
22 hari                                           hari ke-8                      hari ke  7-9
23 hari                                           hari ke-9                      hari ke  8-10
24 hari                                           hari ke-10                    hari ke  9-11
25 hari                                           hari ke-11                    hari ke 10-12
26 hari                                           hari ke-12                    hari ke 11-13
27 hari                                           hari ke-13                    hari ke 12-14
28 hari                                           hari ke-14                    hari ke 13-15
29 hari                                           hari ke-15                    hari ke 14-16
30 hari                                           hari ke-16                    hari ke 15-17
31 hari                                           hari ke-17                    hari ke 16-18
32 hari                                           hari ke-18                    hari ke 17-18
33 hari                                           hari ke-19                    hari ke 18-20
34 hari                                           hari ke-20                    hari ke 19-21
35 hari                                           hari ke-21                    hari ke 20-22
36 hari                                           hari ke-22                    hari ke 21-23



Nah lalu kemudian muncul pertanyaan seperti ini ( ini adalah salah satu pertanyaan yang paling sering ditanyakan):

Bagaimana dengan wanita yang memiliki siklus haid yang tidak teratur?

Apakah anda salah satu yang mengalami siklus haid tidak teratur? Simak caranya berikut ini.

Untuk anda yang memiliki siklus haid yang tidak teratur, anda harus mempunyai catatan tentang siklus haid anda, selama minimal 6 bulan. Untuk menentukan masa subur, siklus haid terpendek di kurangi 18 dan siklus haid terpanjang di kurangi 11. Hasilnya adalah rentang masa subur anda.
Misalnya : siklus haid terpendek  25 (25-18=7)  dan siklus haid terpanjang anda 36 (36-11=25), berarti masa subur anda antara hari ke-7 hingga hari ke 25. Rentang masa subur ini sangat panjang sehingga sulit menentukan kapan tepatnya terjadi ovulasi.

Anda masih bingung menghitungnya ?
Jangan kwatir. Bagi anda yang siklus haidnya tidak teratur, masih ada cara lain yang bisa anda lakukan. Caranya yaitu dengan mengukur suhu basal badan yang caranya segera saya jelaskan berikut ini.

2.      Mengukur suhu basal Badan

Suhu basal badan adalah suhu dasar tubuh yang diukur saat anda belum dalam keadaan istirahat penuh, sebelum melakukan aktifitas apapun di pagi hari, bahkan sebelum mendirikan sholat subur (bagi muslimah) ataupun melakukan aktivitas ringan seperti berbicara.

Perlu anda ketahui bahwa disaat ovulasi, suhu basal badan meningkat 0,2 hingga 0,5 derajat celcius karena pengaruh hormone progesterone.

Kesalahan pada pengukuran suhu basal badan SBB yang baik sekitar 20%. Bila hasil pengukuran SBB menunjukkan pola bifasik (terdapat 2 puncak ), berarti terjadi ovulasi.
Pengukuran yang dilakukan teratur selama beberapa bulan berguna sebagai referensi untuk mempelajari lebih lanjut tentang pola ovulasi anda, sehingga hubungan intin dapat anda lakukan pada saat-saat tersebut.

Cara mengukur suhu basal badan :

·         Alat-alat yang perlu disiapkan adalah :
       thermometer ( dapat anda beli di apotik),
       alat tulis dan grafik SBB (suhu basal badan)

Contoh grafik suhu basal badan


  • ·         Sebelum tidur malam, atur thermometer menjadi suhu normal (36 drajat celcius), dengan cara dikibas-kibaskan.
  • ·  Ketika anda bangun dipagi hari, sebelum matahari terbit, sebelum anda beraktivitas, letakkan thermometer di mulut selama 5 menit.
  • ·         Selama pengukuran jangan melakukan apapun, tetap berbaring dengan mata tertutup.
  • ·         Sebelum mengukur pastikan thermometer berada pada suhu 36 derajat celcius.
  • ·         Catat hasil pengukuran pada grafik
  • ·         Berikan tanda khusus pada keadaan-keadaan tertentu, misalnya saat anda demam atau stress, karena keadaan ini dapat mempengaruhi suhu basal badan.
  • ·         Lakukan pengukuran ini setiap hari selama 3 bulan berturut-turut.
  • ·         Tandai juga hari-hari dimana anda berhubungan intim.

      3.        Menilai Lendir Mulut rahim

Sekarang kita akan membahas bagaimana menentukan masa subur dengan mengamati lendir mulut rahim anda.

Pada saat ovulasi, hormon estrogen akan mempengaruhi lendir mulut rahim sehingga menjadi lebih encer, elastic dan banyak. Ini berguna untuk mempermudah masuknya dan pergerakan sperma.

Menilai lendir mulut rahim dapat dilakukan dengan mengusap bagian dalam vagina menggunakan jari tangan.
Saat memasukkan jari, usahakan agar jari anda mencapai mulut rahim. Kemudian amatik kekentalan lendir tersebut dengan cara meregangkan jari telunjuk dan ibu jari. Bila regangan ini mencapai 3-5 cm (encer, elastic dan banyak), maka ini menunjukkan masa ovulasi anda.

Lendir mulut rahim sudah bisa dinilai pada hari ke 9 hingga hari ke10 dari siklus haid, tetapi lendir ini masih kentar dan tidak elastic. Pada hari ke 11 hingga 13 lendir mulai banyak dan encer. Pada hari ke 14, lendir semakin elastic, encer, banyak dan jernih. Itulah masa ovulasi anda.


Pemeriksaan dengan alat tes ovulasi anda

Bagi anda yang merasa kurang nyaman dengan cara-cara tersebut diatas, dapat menggunakan cara lain yang lebih praktis, dengan mengunakan alat untuk mendeteksi ovulasi.

Alat tes ovulasi ini dapat anda beli di apotek. Cara menggunakan alat ini sangat mirip dengan cara penggunaan alat tes kehamilan, yaitu dengan meneteskan air seni dan melihat indikatornya. Indikatornya biasanya berupa garis. Kepekaan alat ini mencapai 90% hingga 95 %. Alat ini hanya bisa dipakai sekali saja.

Ada juga alat tes ovulasi dengan teknologi terkini yang menggunakan sampel air liur. Alat ini lebih higenis dan praktis disbanding alat tes yang menggunakan air seni. Selain itu, alat tes ini dapat dipakai berulang ulang seumur hidup sehingga lebih hemat dari segi biaya.




























menghitung masa subur pria, menghitung masa subur online, menghitung masa subur agar cepat hamil, menghitung masa subur haid tidak teratur, menghitung masa subur setelah melahirkan, menghitung masa subur dengan kalender, menghitung masa subur yang benar, menghitung masa subur setelah kuret, menghitung masa subur mens tidak teratur, menghitung masa subur wanita menurut boyke, menghitung masa subur wanita, menghitung masa subur agar tidak hamil, menghitung masa subur agar hamil, menghitung masa subur agar anak laki-laki, menghitung masa subur anak perempuan, menghitung masa subur agar mendapatkan anak perempuan, cara menghitung masa subur, cara menghitung masa subur wanita, cara menghitung masa subur setelah haid, cara menghitung masa subur wanita agar tidak hamil, cara menghitung masa subur agar cepat hamil, cara menghitung masa subur wanita agar cepat hamil,  cara menghitung masa subur cara kalender, cara menghitung masa subur bidanku, cara menghitung masa subur berapa hari setelah haid, cepat hamil, cepat hamil setelah keguguran, cepat hamil setelah keguguran, cepat hamil dalam islam, cepat hamil setelah menstruasi, cepat hamil setelah kuret, cepat hamil selepas haid, cepat hamil setelah haid, cepat hamil menurut islam, cepat hamil setelah menikah, cepat hamil dengan crystal x, cepat hamil anak kedua, cepat hamil alami, ingin cepat hamil alami, tips cepat hamil anak kembar, tips cepat hamil anak laki-laki, cara cepat hamil anak perempuan, cara cepat hamil alami, cara cepat hamil anak laki-laki, tips cepat hamil anak laki-laki, cara cepat hamil anak kembar, cepat hamil bagi pria, cepat hamil bagaimana caranya, cara cepat hamil bayi perempuan, tips cepat hamil berdasarkan golongan darah, cara cepat hamil blogspot, ingin cepat hamil bagaimana, bersetubuh cepat hamil, cepat bisa hamil, cara cepat hamil bagi penderita kista, cara cepat hamil bagi wanita gemuk, cepat hamil caranya, cepat hamil cara, cepat hamil cepat hamil, cepat hamil cara alami, cepat hamil cara tradisional, ingin cepat hamil caranya gimana, tip cepat hamil.com, cara cepat hamil dalam sebulan, cara cepat hamil selepas keguguran, cepat hamil dengan cara cepat, cepat hamil di usia 40, cara cepat hamil endometriosis, cara cepat hamil setelah ektopik,  wanita hamil cepat emosi, cepat hamil dengan nature e, ebook cepat hamil, kenapa ibu hamil cepat emosi, epo cepat hamil, endometriosis, cepat hamil setelah ektopic, wanita hamil cepat emosi, cara hamil dengan natur e, ebook cepat hamil, kenapa ibu hamil cepat emosi, epo cepat hamil, folavit cepat hamil, forum cepat hamil, furmon cepat hamil, cepat hamil gimana caranya, cepat hamil golongan darah , cepat hamil gimana, ingin cepat hamil gimana caranya, cepat hamil islam, cepat hamil istri, cepat lapar ibu hamil, cara cepat hamil jika memiliki kista, pengen cepat hamil jangan lakukan ini, cara cepat jadi hamil, cepat hamil untuk pasangan jarak jauh,
 

0 komentar:

Posting Komentar

GRATIS

cara cepat hamil

Popular Posts

Total Tayangan Halaman