Buku Panduan Lengkap Cara Cepat Hamil Gratis situs Berisi Buku Panduan Lengkap Cara Cepat Hamil CARA CEPAT HAMIL cara mudah cepat hamil TEORI CEPAT HAMIL agar cepat hamil setelah keguguran PANDUAN CEPAT HAMIL

Selasa, 19 Juli 2016

Proses Bayi Tabung

Perlu diketahui bahwa proses bayi tabung bukanlah proses yang mudah, baik itu dari sisi medis maupun psikis pasangan. Sebelum memulai program bayi tabung pasangan dituntut kesiapannya, dari segi materi dan juga biaya.

Pasangan suami istri hendaknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter ahli bayi tabung. Konsultasi memungkinkan pemberian saran pada pasangan agar mempersiapkan mental mereka apapun hasil yang didapat dari program bayi tabung yang akan dijalani.

Setelah berkonsultasi, pasangan akan dicek kesehatan dan kesuburannya. Pasangan harus dalam kondisi sehat dari penyakit atau kondisi medis yang dapat mempengaruhi sistem reproduksi dan hormon tubuh, atau bahkan penyakit menular.
Selanjutnya adalah perangsangan indung telur agar dihasilkan banyak ovum atau sel telur untuk dibuahi. dokter akan memilih embrio yang terbaik untuk diletakkan dalam rahim istri

Untuk lebih jelasnya, perhatikan penjelasan tentang proses-proses yang dilakukan dalam program bayi tabung ini :

langkah 1.
Calon ibu akan diberikan obat-obatan penyubur yang bertujuan untuk mengontrol perwaktuan pematangan sel telur dan untuk meningkatkan peluang terbentuknya lebih dari 1 sel telur dalam 1 siklus haid. Proses ini disebut juga induksi ovulasi.

Jumlah sel telur yang lebih dari 1 lebih baik karena dalam banyak kasus sel tidak semua sel telur yang sudah diangkat dari ovarium tidak bisa dibuahi. Pembentukan sel telur dipantau dengan menggunakan USG untuk memeriksa ovarium. Selain itu pengujian sample urine atau darang juga dilakukan untuk memeriksa level hormon.


Langkah 2.
Sel-sel telur diangkat melalui prosedur operasi kecil. Tentu saja untuk mengurangi rasa sakit dan ketidaknyamanan, calon ibu akan diberikan anastesi/bius lokal.

Pencitraan ultrasound digunakan untuk mengarahkan jarum berongga ke ovarium calon ibu. Jarum berongga ini berfungsi untuk mengangkat sel-sel telur dari ovarium. Dalam beberapa kasus, calon ibu yang memulai prosedur ini mengalami kram pada hari operasi dilaksanankan, tapi rasa sakit ini akan jauh berkurang ke esokan hari nya,,,

Langkah 3
Sperma diambil setelah calon ayah mengalami ejakulasi dan dipersiapkan untuk dipertemukan dengan sel-sel calon ibu.

Langkah 4
cara cepat hamil
proses ini disebut juga inseminasi yaitu proses dimana sperma dan sel-sel telur ditempatkan dalam inkubator dalam laboratorium. Inkubator ini memungkinkan terjadinya pembuahan. Dalam beberapa kasus dimana dokter menganalisa bahwa peluang terjadiya pembuahan sangat kecil, dilakukan prosedur intra cytoplasmic sperm injektion (ICSI). Melalui prosedur ini, 1 sel sperma langsung disuntikkan kedalam 1 sel telur sedemikian rupa sehingga terjadi pembuahan. Sel-sel terus aakan terus dipantau untuk memastikan terjadinya pembuahan dan pembelahan sel. Ketika pembelahan terjadi, maka sel telur yang sudah berhasil dibuahi dianggap sebagai embrio.

Langkah 5
Embrio (-embrio) yang terbentuk dipindahkan ke rahim calon ibu dalam 1-6 hari setelah pembentukan, tetapi dalam kebanyakan kasus pemindahan embrio dilakukan dalam 2-3 hari setelah pengambilan sel telur dari ovarium. Pada tahap ini, sel telur yang terbuahi sudah membelah menjadi embrio dengan 2 atau 4 sel.

Proses pemindahan embrio dilakukan dengan menggunakan alat yang disebut spekulum yang dimasukkan melalui vagina untuk membuka jalan menuju mulut rahim.

Embrio-embrio yang sudah dipilih kemudian ditempatkan dalam cairan dan dialirkan secara perlahan melalui kateter ke dalam rahim. Untuk memantau dan mengarahkan embrio-embrio tersebut di gunakan USG. Prosedur ini biasanya tidak menyebabkan rasa sakit, namun beberapa calon ibu merasakan sensasi kram ringan.

Setelah melalui kelima langkah ini, calon ibu harus beristirahat penuh dan memantau tanda-tanda awal kehamilan. Untuk mengetahui apakah proses bayi tabung berhasil dan kehamilan terjadi atau tidak, calon ibu akan menjalani pemeriksaan usg dan pemeriksaan sampel urine/darah.

Hal yang perlu anda ketahui tentang bayi tabung tidak terbatas pada proses dan teknik saja, melainkan juga resiko dan peluangnya. Saat berkonsultasi, bicarakan mengenai resiko yang mungkin anda dan pasangan anda alami saat proses inti bayi tabung, serta berapa persen peluang keberhasilannya.

In Vitro Fertilization (IVF)

Bayi tabung adalah teknik pembuahan dimana ovum atau sel telur dibuahi diluar sistem reproduksi wanita. Bayi tabung sudah sejak lama menjadi metode mengatasi masalah kesuburan pasangan, ketika metode yang lainnya tidak berhasil.

Secara umum proses bayi tabung terdiri atas pengendalian ovulasi secara hormonal, pemindahan ovum dari indung telur/ovarium, pembuahan oleh sperma melalui medium cair.

Seiring dengan berjalannya waktu, teknologi bayi tabung memang terus mengalami perkembangan. Dari tiga macam teknologi bayi tabung yang ada saat ini, yang pertama kali ditemukan atau dijalankan adalah in Vitro Fertilization (IVF). Bahkan istilah bayi tabung pun sering disebut sebagai IVF.

Lalu bagaimana sebenarnya metode bayi tabung In Vitro Fertilization (IVF) itu sendiri ?

Pada teknik IVF, sebanyak 50 ribu hingga 100 ribu sel sperma dipertemukan dengan sel telur melalui media cawan petri dan berisu medium kultur agar terjadi pembuahan.

Teknik IVF pertama kali ditemukan oleh robert Edward. Ia adalah ilmuan inggris di era tahun 1950-an. Robert melakukan riset berasama dengan seorang ahli bedah, kandungan, yaitu pastrick Steptoe.

Metode tersebut berhasil dan akhirnya menghasilkan seorang bayi perempuan yang sehat bernama, louise Brown. Bay itersebut lahir  pada bulan juli, tanggal 25 tahun 1978 di inggris.

Sebagai bayi pertama yang dihasilkan dari metode IVF, louise tumbuh normal layaknya bayi-bayi yang dihasilkan melalui kehamilan normal. Louise bahkan sekarang berhasil melahirkan anak bayi laki-laki melalui proses persalinan normal. Sampai saat ini, telah ada kurang lebih empat juta bayi di dunia yang dilahirkan melalui teknik IVF.

Metode bayi tabung In Vitro Fertilization memiliki kelebihan tersendiri diantara teknik-teknik yang lain, yaitu proses yang mudah dan biayanya yang relatif terjangkau. terlebih lagi, tidak ada manipulasi yang dilakukan pada pada sel telur, jadi bersifat alami.

Sementara itu, kekurangannya adalah jika sperma suami bermasalah, maka sperma tidak bisa menembus sel telur dan pembuahan tidak mungkin bisa tercapai.

Umumnya, banyak masyarakat awam yang tidak mengetahui secara mendetail tentang teknik bayi tabung  IVF, dan seringkali menyamakan dengan inseminasi buatan. Padahal keduanya sangat berbeda walaupun memang kedua metode ini terdiri atas penggunaan sel telur serta sel sperma dari pasangan yang menginginkan anak.

Dibanding dengan inseminasi buatan, IVF adalah prosedur yang lebih kompleks dan melibatkan proses pengumpulan sperma dan juga sel telur dari pasangan.

Sel Sperma dan ovum kemudian diletakkan didalam cawan petri supaya terjadi pembuahan. Setelah ovum dibuahi lalu membentuk embrio, embrio itu kemudian ditempatkan di dalam rahim sang istri setelah kurang lebih 5 hari sejak pembuahan. Dibandingkan dengan inseminasi buatan, tingkat keberhasilan metode IVF sangat tinggi.

Disisi lain, inseminasi buatan yakni proses peletakan sperma suami kedalam rahim istri. Namun sebelum dimasukkan ke rahim, sel sperma harus dibawa ke laboratorium untuk dipisahkan antara sel sperma berkualitas dengan yang tidak berkualitas.

Sperma yang terbaik lalu digunakan dalam prosedur inseminasi buatan. Di saat yang tepat/masa subur, sperma dimasukkan ke dalam rahim istri dengan bantuan kateter.

Inseminasi buatan cukup sederhana, dan biasanya digunakan oleh pasangan dengan kasus sperma rendah, ejakulasi dini atau impotensi. Prosedur ini juga biasa digunakan pasangan lesbian di luar negeri yang menginginkan anak.

Pada dasarnya prinsip kerja utama dalam teknik IVF ini adalah dengan pengambilan sel telur melalui pengisapan folikel matang dari indung telur kemudian melalui proses di laboratorium sel telur tersebut dieramkan dalam inkubator. Kemudian ditambahkan sel sperma dengan kualitas terbaik sehingga terjadi inseminasi.

Bila terjadi pembuahan dan terbentuk embrio, dokter akan memilih empat embrio terbaik untuk ditanamkan kembali ke rahim.

Keunggulan dari teknik IVF adalah lebih mudah dilakukan, biaya yang dikeluarkan lebih ringan dan tidak terjadi manipulasi sel telur, sehingga lebih alami prosesnya. Sementara kelemahannya adalah jika kualitas sperma buruk maka sel sperma tetap tidak bisa membuahi sel telur.

Untuk mengurangi kejadian kelainan fisik atau mental pada janin yang disebut  pre-implantation Genetic Diagnosis (PGD). Dengan cara ini, dapat diseleksi embrio mana yang memiliki kelainan atau tidak, jadi hanya embrio yang baik saja yang akan ditransfer ke dalam rahim. Namun agama-agama tertentu tidak setuju dengan teknik ini.

ICSI (Intra Cytoplasmic Sperm Injection)

Teknik lain dalam bayi tabung ini adalah ICSI (Intra Cytoplasmic Sperm Injection). Teknik ICSI adalah teknik bayi tabung kedua yang diperkenalkan oleh Belgia dan masih tergolong baru. Jauh sebelumnya, teknik bayi tabung hanya IVF saja, baru setelah opsi yang lain yang dikenal sebagai ICSI dan IVM.

Metode bayi tabung ICSI dilakukan dengan cara menginjeksikan sebuah sel sperma kedalam sebuah sel telur atau ovum, sehingga pembuahan bisa terjadi.

Dibanding dengan merode IVF, kelebihan teknik ICSI adalah kemampuannya membantu pria yang mengalami masalah kesuburan tertentu, seperti kasus azoospermia atau tidak adanya sel sperma yang dikeluarkan bersama air mani, atau kasus sperma kurang dan kualitas sperma yang tidak bagus.

Dulu, bayi tabung tidak bisa memberikan peluang kehamilan pada pasangan yang memiliki jumlah sperma rendah atau tidak berkualitas, karena metode IVF memerlukan 50 ribu hingga 100 ribu sel sperma dengan kualitas yang baik.

Tapi sejak adanya ICSI, para suami yang memiliki masalah dengan jumlah dan mutu sperma kini dapat memiliki keturunan, asalkan mampu secara mental dan ekonomi.

Dalam metode bayi tabung ICSI, hanya dibutuhkan satu saja sel sperma dengan kualitas terbaik. Melalui pipet spesial, sel sperma tersebut kemudian disuntikkan ke dalam sebah sel telur yang dinilai memiliki kualitas terbaik.

Selanjutnya, langkah-langkahnya sama dengan metode IVF, yaitu menanamkan embrio berjumlah 1 hingga 3 embrio. Setelah embrio tersebut berhasil dimasukkan dalam rahim calon ibu tetap tinggal di rumah sakit selama kurang lebih 1 malam.

Teknik bayi tabung ICSI pada kenyataannya harus didukung dengan sistem pengambilan sperma yang langsung dari testis atau disebut juga teknologi simpan beku sperma.

Dibandingkan teknik konvensional IVF, teknik ini memang lebih rumit dan sulit dilakukan dan membutuhkan alat khusus bernama Micromanipulator. Oleh karena itu, tidak kaget bila teknik ICSI membutuhkan biaya yang lebih mahal.

Menurut sumber terpercaya, diindonesia telah diterapkan metode ICSI sejak tahun 1995 dan sudah berhasil melahirkan bayi pertama pada bulan mei tahun 1996.

Dengan adanya teknik ICSI, keberhasilan bayi tabung menjadi yaitu sebesar 30-40% dan yang paling sering berhasil adalah pada pasangan usia subur.

Bagi anda yang hendak mencoba program bayi tabung, disarankan untuk memilih teknik ICSI karena tingkat keberhasilan yang tinggi. Akan tetapi bila sperma pasangan anda tidak bermasalah, maka IVF pun cukup untuk membantu anda memperoleh buah hati yang anda inginkan.

Teknik bayi tabung lainnya adalah

IVM ( In Vitro Maturation)


IVM ini adalah teknik bayi tabung yang paling baru. Prinsip kerja IVM ini adalah dengan mematangkan sel telur terlebih dahulu di laboratorium sebelum dibuahi.


sebenarnya apa itu IVM ?

IVM adalah teknik atau metode bayi tabung yang dilakukan dengan cara mematangkan ovum atau sel telur didalam di laboratorium sebelum kemudian dibuahi lalu dipindahkan jika telah menjadi embrio ke dalam rahim calon ibu.

Keberhasilan kehamilan yang pertama kalinya didapatkan dari teknik IVM terjadi pada 1991 dan dilakukan oleh Cha yang berasal dari korea. Saat itu, oosit diambil dengan cara biopsi ovarium pada  saat melakukan operasi C-suction atau sesar.

Selanjutnya pada tahun 2004 telah dilaporkan kelahiran bayi dari teknik IVM pada wanita dengan SOPK yaitu sindroma ovarium polikistik, dimana sel telur gagal matang atau ovulasi.

Dengan adanya teknik IVM, keberhasilan program bayi tabung sekarang ini sangat memuaskan. Resiko-resiko yang dapat terjadi di teknik-teknik yang konvensional pun dapat diminimalisir jika menggunakan teknik IVM.

Tingkat keberhasilan yang tinggi dapat dilihat dari beberapa negara, yaitu francis, jepang, skandinavia (swedia, Finlandia) vietnam dan kanada.

Di asia tenggara, metode IVM baru dilakukan di vietnam dan Indonesia. Sedangkan malaysia, singapura dan thailand belum ada berita mengenai pasangan yang mencoba teknik IVM.

Apa yang membedakan Metode bayi tabung IVM dengan teknik Bayi tabung yang lain?

IVM adalah teknik bayi tabung terpopuler yang lebih aman dan mudah daripada teknik yang lain. Selain itu, biaya terjangkau serta hasilnya yang menjanjikan.

Bedanya dengan teknik konvensional IVF adalah : pada IVM hanya sedikit sekali pengobatan hormon atau bahkan tidak ada sama sekali.

Pada teknik konvensional IVF, sang istri atau si calon ibu diberikan pengobatan hormon dalam rentang waktu beberapa minggu agar dapat menumbuhkan serta mematangkan sel telur di ovarium atau indung telur. Proses pemberian hormon inilah yang membutuhkan biaya cukup besar, karena itu bagi pasangan dengan dana yang terbatas, teknik ini kurang diminati.

Kelebihan teknik IVM ini antara lain :
1. Biaya relatif murah dibandingkan teknik IVF
2. Tingkat keberhasilan termasuk kategori memuaskan
3. Prosedur kerja sederhana (tidak ribet)
4. hanya perlu dilakukan dalam satu siklus haid saja sehingga minimal dalam hal pengunaan obat hormonal.

Kira-kira berapa Biaya yang harus kami keluarkan untuk melakukan Program bayi tabung ini dok ?

Seringkali pasangan suami istri menanyakan kepada saya tentang berapa persisnya biaya yang mesti dikeluarkan untuk program bayi tabung ini. Ini jelas pertanyaan yang tidak mudah untuk saya jawab karena tiap rumahs akit tentu berbeda dalam hal penentuan biaya.

Silahkan anda mencari daftar rumah sakit yang memberikan pelayanan untuk bayi tabung karena sudah ada berbapa rumah sakit yang sering melakukan pelayanan bayi tabung di Indonesia.

0 komentar:

Posting Komentar

GRATIS

cara cepat hamil

Popular Posts

Total Tayangan Halaman